Saya itu ...

Foto saya
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia

Sabtu, 26 November 2016

RPP Bahasa Inggris Kelas XII - Procedure Text



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan           : Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                  : XII/1
Materi Pokok                    : Procedure Text
Alokasi Waktu                  : 1 x 20 menit



A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Diakhir pembelajaran siswa mampu:
1.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.    Menangkap makna dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep.
4.    Menyusun teks sederhana secara tertulis terkait dengan teks prosedur denga memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang baik dan benar sesuai koteks.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.6  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6  Teks prosedur
4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips)
4.6.2 Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait     penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Siswa dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur secara lisan dan tulis dengan menggunakan teknologi atau instrumen yang disediakan sesuai dengan konteks penggunaannya
Siswa dapat menyusun teks prosedur secara lisan dan tulis dengan penggunaan teknologi yang tersedia dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Teks khusus lisan dan tulis tentang Procedure Text
1.    Fungsi sosial
Memberi informasi untuk mencapai hasil terbaik secara efisien, menghindari kecelakaan, kerusakan, pemborosan, dsb.
2.    Struktur text
Dapat mencakup:
a.    Tujuan
b.    Bahan/material
c.    Langkah-langkah (steps)
3.    Unsur kebahasaan
a.    Tata bahasa: kalimat imperatif, negatif dan positif
b.    Penerapan ordinary number, seperti: first, second, third, etc.
c.    Ungkapan kata, seperti: then, next, after this, last, etc.
d.   Penggunaan action verb
e.    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

E.     METODE PEMBELAJARAN
Genre Based Instruction (GBI) Approach, Group discussion (Student Centre)

F.     MEDIA/ALAT SUMBER BELAJAR
Media                        : Kertas Koran, Spidol, Video slide, Kamus.
Alat                           : Laptop, infocus, speaker, teacher’s creation (materials)
Sumber Belajar         : Teacher’s creation (a text), gambar-gambar dari internet

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Pendahuluan (2 Menit)
Kegiatan
Ungkapan
Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa
Assalamu’alaikum wr. wb.
Good morning students. How is everything?
Is it OK?
Let’s start our lesson by saying Basmalah
Guru mengecek kehadiran siswa.
Who is absent today?
Where is ..... ? Any news from her/him?
Mengulang materi yang telah dipelajari pada minggu lalu dan dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari

Guru memberikan motivasi pada siswa


Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
Ok my students, today we’ll learn about procedure text. We will learn about how to make something. I hope after this lesson, you can make the procedure text in english while practice it with its equipments and materials. And the last you may apply this in your daily activity.






b.      Kegiatan Inti (17 Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Building Knowledge Of Field (BKOF)

Guru menayangkan beberapa gambar melalui slide, menanyakan kepada siswa apakah mereka menyukai makanan atau minuman yang tertera pada gambar.
(Please look at to the slide, do you know the foods and the drinks?
Can you mention them?)
Siswa menyimak gambar-gambar yang ditampilkan oleh guru.










5 menit
Guru lalu menanyakan pernahkan siswa membuat masakan tersebut? Jika pernah, guru melanjutkan kepada pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang akan membimbing siswa ke arah yang berhubungan dengan procedure text.
(Well students, I believe that you all here have known about them. All of the foods and the drinks that showed can be found around you. Who has ever tried to make one of them?
Ok, what should we need first before we cook/make it?
What the steps?)
Siswa menjawab pertanyaan guru sesuai instruksi yang diberikan.
Guru menyimak apa yang disampaikan oleh siswa. Lalu menyempurnakan bahasa yang digunakan oleh siswa dalam bahasa yang Bahasa Inggris sesuai materi pembelajaran.

Siswa yang ditanyai oleh guru menjawab apa saja yang ia ketahui dan menggunakan kemampuan yang dikuasainya dengan bimbingan pertanyaan guru.



Modeling Of Text (MOT)

Guru menampilkan sebuah video tentang prosedur membuat mie rebus, dengan tujuan agar siswa dapat mendapat pengetahuan tambahan tentang materi pembelajaran.
(Well students. Look at to the video. This video is about how to make instant noodle. Pay attention for this!)







3 menit
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk pemahaman terkait informasi dari video yang ditayangkan.
(what the video maker prepares before he makes/cooks instant noodle first, what are they?
Who knows what are the steps to make it?
Para siswa memberikan informasi yang mereka tangkap dari video tersebut

Guru menanyakan kata-kata sulit yang terdapat dalam video (terkait vocabulary)
(Do you have any difficult words about the slide last?)
Siswa mencari kata-kata sulit yang tidak mereka ketahui artinya

Join Construction Of Text (JCOT)

Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. Lalu meminta salah satu perwakilan kelompok untuk maju ke depan untuk memilih tema prosedur apa yang akan mereka buat dalam kelompok mereka.
Salah satu perwakilan kelompok maju ke depan untuk memilih tema prosedur apa yang akan mereka buat dalam kelompok mereka.





 5 menit
Guru membagikan kertas koran dan spidol sebagai lembar kerja para siswa. Dan menginstruksikan siswa untuk mengerjakan tugas di lantai, dengan pertimbangan jika dikerjakan di meja akan menyulitkan siswa dalam menulis di atas kertas koran.
Siswa mengerjakan siswa sesuai instruksi dan arahan yang diberikan oleh guru.
Guru menyediakan kamus sebagai alat bantu bagi siswa untuk menemukan kata-kata sulit yang tidak mereka ketahui dalam penggunaan kata untuk tugas mereka.

Setelah selesai, guru meminta masing-masing kelompok untuk menempelkan tugas mereka di depan kelas dan mengoreksi bersama-sama.

Independent Construction Of Text (ICOT)

Setelah siswa diberikan pemahaman tentang bagaimana cara membuat procedure text dan apa saja yang harus ada di dalamnya, guru meminta siswa untuk membuat sebuah procedure text secara individu. Dengan tujuan melihat pemahaman undividu siswa dari tugas mereka.
Siswa bergabung ke dalam kelompok yang telah dibagi oleh guru.











2 menit
 
Adapun tema procedure text mereka yaitu “How to make avocado juice”


c.       Kegiatan Penutup (3 menit)
Kegiatan
Ungkapan
Guru merangkum materi yang telah dipelajari.
“Well students. Today we’ve learned about procedure text. As we know, in procedure text, there are some points in. They are aim, equipmentst/materials needed, ingredients, and the steps.

Guru memberikan pertanyaan seputar pelajaran hari ini untuk melihat pemahaman siswa tentang materi tersebut.
“OK my good students, who can add the other information about our lesson today? Please raise your hand! Who can summarize this lesson?”

Guru memberikan tugas kepada para siswa untuk membuat contoh yang berkaitan tentang procedure text
“For homework, please give the procedure how to repair something. Maybe repairing your radio, fixing your bike, etc. Do it in your exercise book. Please collect it next meeting before I come to your class. Understand?

Guru menyampaikan tentang rencana pembelajaran selanjutnya
“So for next meeting, I ask you all to bring the pack of foods or drinks. You may also bring medicine pack to our class. We will use them for our next lesson.”
Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan salam
“Are happy with the lesson today? I hope you enjoy it all and you may apply in your daily activity.
So, thanks for today my good students. Before we close our lesson, let’s say hamdalah.
Assalamualaikum wr.wb.
See you...”




















H.  LEMBAR PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Lisan
b.    Tulis 
2.    Instrumen Penilaian
a.    Aspek pengetahuan
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
1
Komunikatif
Sangat paham
5
Paham
4
Cukup paham
3
Kurang paham
2
Tidak paham
1
2
Keruntutan teks
Sangat runtut
5
Runtut
4
Cukup runtut
3
Sedikit berantakan
2
Berantakan
1
3
Kosa kata
Sangat variatif dan tepat
5
Variatif dan tepat
4
Cukup variatif dan tepat
3
Kurang variatif dan tepat
2
Tidak variatif dan tepat sama sekali
1
4
Tata bahasa
Sangat baik
5
Cukup baik
4
Baik
3
Kurang baik
2
Tidak baik
1

No
Nama
Aspek Sikap
Skor
1
2
3
4

1
Bagus





2
Citra





3
Dian





4
Ezi





5
Febby





6
Hesti





7.
Siska





8
Wani






b.      Rubrik Penilaian Keterampilan (Writing)
No
Aspek Yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian dengan materi
Sangat sesuai
5
Sesuai
4
Cukup sesuai
3
Kurang sesuai
2
Tidak sesuai
1
2
Keruntutan teks
Sangat tepat
5
Tepat
4
Cukup tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
4
Pilihan kosa kata
sangat tepat
5
tepat
4
cukup tepat
3
kurang tepat
2
tidak tepat
1


5


Pilihan tata bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
Pilihan tata bahasa tepat
4
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
Pilihan tata bahasa kurang tepat
2
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1
6
Kerapihan tulisan
Tulisan rapih dan mudah terbaca
5
Tilisan rapih dapat dibaca
4
Tulisan kurang rapih namun masih bisa dibaca
3
Tulisan tidak rapih dan hampir tidak bisa dibaca
2
Tulisan tidak rapih dan tidak dapat dibaca sama sekali
1

No
Nama
Aspek Yang Dinilai
Score
1
2
3
4
5
6
1
Bagus







2
Citra







3
Dian







4
Ezi







5
Febby







6
Hesti







7
Siska







8
Wani









  1. Format Penilaian Pribadi
Nama Kegiatan              :______________________
Tanggal Pelaksanaan     :______________________
Kelas                              :______________________

No.
Nama
Aspek Yang Dinilai
Total
Penggunaan kosakata
Pemahaman materi
Kerapihan tulisan
1
Bagus




2
Citra




3
Dian




4
Ezi




5
Febby




6
Hesti




7
Siska




8
Wani






I.       MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media
Laptop, infokus, speaker, video, worksheet, dan teacher’s creation.

2.      Sumber Belajar
a.    Internet
b.    Teacher’s creation
c.    Lingkungan sosial siswa.

              Mengetahui                                                                       Batusangkar,    Juli 2016
Kepala Sekolah                                                                   Guru Bahasa Inggris

Dr. Rita Erlinda, M. Pd.                                                   M. Ridha Waliden, M. Pd.
NIP.                                                                                    NIP.

2 komentar: