RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: VII/ 2
Materi Pokok
: Teks descriptive lisan dan tulis tentang orang
Alokasi Waktu
: 4 JP ( 2 x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
C.
Materi Pembelajaran
1. Fungsi
sosial: mengidentifikasi dan mengenalkan nama/jenis pekerjaan seseorang,
dimana tempat mereka bekerja, serta mengetahui kegunaannya.
2. Struktur
teks:
a. Ekspresi
untuk menanyakan jenis pekerjaan seseorang, tempat mereka bekerja, dan
mengetahui kegunaannya. Example:
· What
is your father’s job?
· Where
does he work?
· What
does he do?
b. Ekspresi
untuk menyatakan/merespon pertanyaan maupun mengungkapkan jenis pekerjaan
seseorang, tempat mereka bekerja, dan mengetahui kegunaannya. Example:
· My
father is a doctor
· He
works in the hospital
· He
examines patients carefully
3. Unsur
kebahasaan:
a. Menggunakan
kalimat Simple Present Tense, ex:
Jokowi is a president, my grandma is a farmer, etc.
b. Menggunakan
Noun, ex: My father, Mrs. Rita
Erlinda, Mr. Jusuf Kalla, etc.
c. Menggunakan
kata tanya What, Where, dan What does.
d. Jenis
pekerjaan, ex: teacher, singer, doctor, etc.
e. Menggunakan
kata sifat, ex: good, profesional, friendly, etc.
f. Menggunakan
kata preposition, ex: in, at,on,
etc.
D.
Metode Pembelajaran
a. Pendekatan:
Scientific approach
b. Metode:
project based learning
E.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.
Gambar–gambar tentang orang yang sedang melakukan aktifitas dalam
pekerjaannya.
b.
Power point
c.
Potongan kertas yang berisi tentang pekerjaan seseorang, apa yang
dilakukan dan tempat bekerja.
d.
Buku paket “When English Rings the Bells” kelas
VII kurikulum 2013 edisi revisi 2014 dan buku teks relevan lainnya.
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
· Guru menyapa peserta didik dengan mengucapkan greeting “Good
morning”.
· Guru membimbing siswa untuk berdoa dan mensyukuri kesempatan
dapat belajar bahasa Inggris.
· Guru menanyakan kehadiran siswa.
· Guru memotivasi siswa agar siap dan semangat dalam mengikuti
proses pembelajaran.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan
pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
c.
Penutup (10 menit)
·
Menyimpulkan hal-hal
yang telah dipelajari.
·
Refleksi
2.
Pertemuan Kedua
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
· Guru menyapa peserta didik dengan mengucapkan greeting “Good
morning”.
· Guru membimbing siswa untuk berdoa dan mensyukuri kesempatan
dapat belajar bahasa Inggris.
· Guru menanyakan kehadiran siswa.
· Guru memotivasi siswa agar siap dan semangat dalam mengikuti
proses pembelajaran.
· Guru mereview topic bahasan pertemuan
sebelumnya.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
d.
Penutup (10 menit)
·
Menyimpulkan hal-hal
yang telah dipelajari. Penyimpulan ini juga dapat dilakukan dengan cara
memberi umpan balik kepada siswa.
·
Penugasan berupa
proyek:
Mencari
gambar orang melakukan aktifitas yang berhubungan dengan pekerjaannya
kemudian membuatnya menjadi sebuah paragraph.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
·
Berdo’a
G.
Penilaian
1. Sikap:
a)
Observasi, penilaian diri, teman sejawat menggunakan daftar
cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik
b) Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan
pendidik
2. Pengetahuan:
Tes tulis/lisan & penugasan (PR, proyek)
3. Keterampilan:
Unjuk kerja/Praktik, Proyek, Produk, Portofolio
a.
Rubrik Penilaian
1. Sikap
a)
Teknik penilaian : Observasi prilaku
b)
Instrumen penilaian : Lembar Nilai
c) Pedoman
penilaian :
1)
Penilaian sikap spiritual
Note :
1 : Kurang, apabila peserta didik
tidak pernah melakukan
2 : Cukup, apabila
peserta didik kadang-kadang melakukan
3 : Baik, apabila
peserta didik sering melakukan
4 : Sangat baik,
apabila peserta didik selalu melakukan
2) Penilaian sikap sosial
Note :
1 : Kurang, apabila peserta didik tidak
pernah melakukan
2 : Cukup, apabila peserta didik
kadang-kadang melakukan
3 : Baik, apabila peserta didik sering
melakukan
4 : Sangat baik, apabila peserta didik
selalu melakukan
2. Pengetahuan
a)
Teknik penilaian :
Teks Tertulis dan practice
b)
Instrumen penilaian :
Lembar Nilai
c)
Pedoman penilaian : Jumlah skor yang diperoleh siswa
dibagi
dengan nilai maksimum
dikali seratus
Instrument
Pengetahuan
Note :
1 :
Sangat kurang memahami
2 :
Kurang memahami
3 :
Cukup memahami
4 :
Memahami
5 :
sangat memahami
3.
Keterampilan
a)
Teknik penilaian : Teks Tertulis dan practice
b)
Instrumen penilaian : Lembar Nilai
c)
Pedoman penilaian : Jumlah skor yang diperoleh siswa
dobagi
dengan nilai maksimu
dikali seratus
Instrument
Writing Skill
![]()
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pecinta JKT48 dan Rock Electric. Mencoba berbagi namun masih mengharapkan kritikan untuk kemajuan yang lebih baik
Senin, 10 Oktober 2016
Contoh RPP Kurikulum 2013 - Muhammad Ridha Waliden
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar