Saya itu ...

Foto saya
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia

Senin, 10 Oktober 2016

Contoh RPP Kurikulum 2013 - Muhammad Ridha Waliden


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          :  SMP/MTs
Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                 : VII/ 2
Materi Pokok                   : Teks descriptive lisan dan tulis tentang orang                                            
Alokasi Waktu                 :  4 JP ( 2 x pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.  
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.


2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.



2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.


2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.



3.8.
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk  menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8.1.
Mengidentifikasi fungsi sosial
pada teks untuk  menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang


2.8.2.
Mengidentifikasikan struktur teks



2.8.3.
Menerapkan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi orang.

4.9.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.9.1.
Menulis tentang tingkah laku orang disekitarnya.



4.9.2.
Menceritakan tingkah laku orang disekitarnya


C.    Materi Pembelajaran
1.      Fungsi sosial: mengidentifikasi dan mengenalkan nama/jenis pekerjaan seseorang, dimana tempat mereka bekerja, serta mengetahui kegunaannya.
2.      Struktur teks:
a.       Ekspresi untuk menanyakan jenis pekerjaan seseorang, tempat mereka bekerja, dan mengetahui kegunaannya. Example:
·      What is your father’s job?
·      Where does he work?
·      What does he do?
b.      Ekspresi untuk menyatakan/merespon pertanyaan maupun mengungkapkan jenis pekerjaan seseorang, tempat mereka bekerja, dan mengetahui kegunaannya. Example:
·      My father is a doctor
·      He works in the hospital
·      He examines patients carefully

3.      Unsur kebahasaan:
a.    Menggunakan kalimat Simple Present Tense, ex: Jokowi is a president, my grandma is a farmer, etc.
b.    Menggunakan Noun, ex: My father, Mrs. Rita Erlinda, Mr. Jusuf Kalla, etc.
c.    Menggunakan kata tanya What, Where, dan What does.
d.   Jenis pekerjaan, ex: teacher, singer, doctor, etc.
e.    Menggunakan kata sifat, ex: good, profesional, friendly, etc.
f.     Menggunakan kata preposition, ex: in, at,on, etc.

D.    Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan: Scientific approach
b.      Metode: project based learning

E.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.       Gambar–gambar tentang orang yang sedang melakukan aktifitas dalam pekerjaannya.
b.      Power point
c.       Potongan kertas yang berisi tentang pekerjaan seseorang, apa yang dilakukan dan tempat bekerja.
d.      Buku paket “When English Rings the Bells” kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2014 dan buku teks relevan lainnya.


F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Guru menyapa peserta didik dengan mengucapkan greeting “Good morning”.
·      Guru membimbing siswa untuk berdoa dan mensyukuri kesempatan dapat belajar bahasa Inggris.
·      Guru menanyakan kehadiran siswa.
·      Guru memotivasi siswa agar siap dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan pembelajaran. 

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Jenis kegiatan
Guru
Siswa
mengamati
Menyajikan gambar–gambar tentang aktifitas dalam sebuah pembelajaran menggunakan power point maupun kertas.

Mengamati gambar yang disajikan guru.

menanya
Guru memancing siswa dengan menanyakan tentang apa saja yang tersaji pada gambar/slide
Menyebutkan aktifitas yang ada pada gambar/slide dalam bahasa Inggris

Guru menyuruh siswa untuk menanyakan pekerjaan orang tua teman sebangku, kegunaan dan dimana mereka bekerja
Siswa menanyakan pekerjaan orang tua teman sebangkunya, kegunaan dan dimana mereka bekerja dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kalimat tanya “What, Where, dan What does”.
Mengumpulkan informasi
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil dan membagikan worksheet berupa gambar
iii.
Siswa lalu bergabung dengan teman kelompok diskusi
Guru menyuruh siswa untuk mendiskusikan apa jenis pekerjaan dari gambar yang diberikan, dimana mereka bekerja, dan apa fungsinya
Siswa saling berdiskusi secara lisan tentang apa jenis pekerjaan dari gambar yang diberikan guru, dimana mereka bekerja, serta apa fungsinya
Mengasosiasikan
Mengajak siswa mempresentasikan dan membahas hasil kerja mereka.
Siswa mempresentasikan hasil kerja mereka secara lisan
Mengkomunikasikan
Guru mengajak dari masing-masing perwakilan kelompok untuk maju ke depan kelas  dan saling bertanya tentang suatu jenis pekerjaan
Masing-masing perwakilan kelompok maju ke depan kelas dan saling bertanya tentang suatu jenis pekerjaan.



c.       Penutup (10 menit)
·         Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
·         Refleksi

2.      Pertemuan Kedua
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Guru menyapa peserta didik dengan mengucapkan greeting “Good morning”.
·      Guru membimbing siswa untuk berdoa dan mensyukuri kesempatan dapat belajar bahasa Inggris.
·      Guru menanyakan kehadiran siswa.
·      Guru memotivasi siswa agar siap dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
·      Guru mereview topic bahasan pertemuan sebelumnya.

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Jenis kegiatan
Guru
Siswa




Mengamati
Guru meminta siswa untuk memperhatikan teks pada activity 2 halaman 156. hbyg
Siswa mengamati teks pada activity 2 halaman 156
Guru meminta siswa untuk mengikuti dia untuk membaca teks setelahnya.
Guru mengulangi apa yang dibaca guru.



Menanya
Guru menyakan hal hal yang berkaitan dengan teks. 
·  What is he/she?
·  What does he/she do?
·  Where does he/she work?


Siswa menanyakan hal- hal yang masih diragui berdasarkan teks yang diberikan.




Mengumpulkan informasi
Guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok, dan meminta mereka untuk mencari jenis-jenis pekerjaan dan apa yang dilakukannya, disekitar sekolah.

Peserta didik keluar kelas dan bersama kelompoknya berkeliling di lingkungan sekolah untuk mencari data.

Guru meminta siswanya untuk mengidentifikasi pekerjaan apa yang ada di lingkungan sekolah, aktifitas apa yang dilakukan dalam pekerjaan tersebut dan dimana mereka bekerja dalam bentuk tabel sederhana.
Mengidentifikasi pekerjaan yang ada di lingkungan sekolah, aktifitas apa yang dilakukan berdasar pekerjaan tersebut dan dimana mereka bekerja, dalam bentuk tabel sederhana.



Mengasosiasikan
Mengajak peserta didiknya untuk mempresentasikan dan membahas hasil kerja peserta didik.
Bertukar hasil tabel kegiatan dengan kelompok lain.
Membacakan hasil tabel kelompok lain.
Kelompok lain memberi tanggapan.



Mengkomunikasikan
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan tentang apa yang dilakukan seseorang dalam pekerjaannya.

Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang apa yang dilakukan seseorang dalam pekerjaannya serta mendengarkan tambahan materi dari guru.

d.      Penutup (10 menit)
·         Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari. Penyimpulan ini juga dapat dilakukan dengan cara memberi umpan balik kepada siswa.
·         Penugasan berupa proyek:
Mencari gambar orang melakukan aktifitas yang berhubungan dengan pekerjaannya kemudian membuatnya menjadi sebuah paragraph.
·           Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
·           Berdo’a

G.    Penilaian
1.    Sikap:
a)    Observasi, penilaian diri, teman sejawat menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik
b)   Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik
2.    Pengetahuan:
Tes tulis/lisan & penugasan (PR, proyek)
3.    Keterampilan:
Unjuk kerja/Praktik, Proyek, Produk, Portofolio

a.    Rubrik Penilaian
1.      Sikap
a)      Teknik penilaian          : Observasi prilaku
b)      Instrumen penilaian     : Lembar Nilai
c)      Pedoman penilaian      :
No
Aspek yang dinilai
Penilaian Skor
Keterangan
1
2
3
4
 1
Mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas





 2
Membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran





 3
Meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan









1)      Penilaian sikap spiritual
Note :
1     : Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan
2      : Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan
3      : Baik, apabila peserta didik sering melakukan
4      : Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan

No.
Nama
Perolehan skor
Jumlah Skor
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
1
Ridhal




2
Walidain





2)      Penilaian sikap sosial
No.
Nama Siswa
Indikator Sikap
Santun
Peduli
Kerjasama
Bertanggung jawab
Percaya diri
Nilai rata-rata
1.
Muhammad
4
2
4
3
2
3
2.
Ridhal
2
2
3
4
1
2,4
3.
Walidain
3
4
2
1
3
2,6
4.
Junior
3
1
1
3
4
2,4
             Note :
1    : Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan
2    : Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan
3    : Baik, apabila peserta didik sering melakukan
4    : Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan
2.      Pengetahuan

a)      Teknik penilaian          :  Teks Tertulis dan practice
b)      Instrumen penilaian     :  Lembar Nilai
c)      Pedoman penilaian      : Jumlah skor yang diperoleh siswa dibagi
dengan nilai maksimum dikali seratus

Penilaian dari Aspek Pengetahuan (Knowledge)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Tujuan Komunikatif
sangat memahami
5
Memahami
  4
cukup memahami
3
kurang memahami
2
tidak memahami
1
2
Keruntutan Teks
struktur teks yang digunakan sangat runtut
5
struktur teks yang digunakan runtut
4
struktur teks yang digunakan cukup runtut
3
struktur teks yang digunakan kurang runtut
2
struktur teks yang digunakan tidak runtut
1
3
Pilihan Kosa Kata
sangat variatif dan tepat
5
variatif dan tepat
4
cukup variatif dan tepat
3
kurang variatif dan tepat
2
tidak variatif dan tepat
1
4
Pilihan Tata Bahasa
pilihan tata bahasa sangat tepat
5
pilihan tata bahasa tepat
4
pilihan tata bahasa cukup tepat
3
pilihan tata bahasa kurang tepat
2
pilihan tata bahasa tidak tepat
1






Instrument Pengetahuan
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Tujuan komunikatif
Sturktur teks
Unsur Kebahasaan
Fungsi sosial
Nilai rata-rata
Kosa kata
Tenses
1.
Ridhal






2.
Hidayat






3
Al-Anshari






            Note :
                                    1          :  Sangat kurang memahami
                                    2          :  Kurang memahami
                                    3          :  Cukup memahami
                                    4          :  Memahami
                                    5          :  sangat memahami

3.      Keterampilan

a)      Teknik penilaian          : Teks Tertulis dan practice
b)      Instrumen penilaian     : Lembar Nilai
c)      Pedoman penilaian      : Jumlah skor yang diperoleh siswa dobagi
dengan nilai maksimu dikali seratus   

Penilaian dari Aspek Keterampilan (Skills)
Kemampuan Menulis (Writing Skill)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Kesesuaian isi dengan judul
Isi sangat sesuai dengan judul
5
Isi sesuai dengan judul
4
Isi cukup sesuai dengan judul
3
Isi kurang sesuai dengan judul
2
Isi tidak sesuai dengan judul
1
2
Keruntutan teks
Keruntutan teks sangat tepat
5
Keruntutan teks tepat
4
Keruntutan teks cukup tepat
3
Keruntutan teks kurang tepat
2
Keruntutan teks tidak tepat
1
3
Pilihan Kosa kata
Pilihan kosa kata sangat tepat
5
Pilihan kosa kata tepat
4
Pilihan kosa kata cukup tepat
3
Pilihan kosa kata kurang tepat
2
Pilihan kosa kata tidak tepat
1
4
Pilihan tata bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
Pilihan tata bahasa tepat
4
Pilihan tata bahasa cukup
3
tepat Pilihan tata bahasa kurang tepat
2
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1
5
Penulisan kosakata
Penulisan kosa kata sangat tepat
5
Penulisan kosa kata tepat
4
Penulisan kosa kata cukup tepat
3
Penulisan kosa kata kurang tepat
2
Penulisan kosa kata tidak tepat
1
6
Kerapihan tulisan
Tulisan rapih dan mudah terbaca
5

Tulisan tidak rapih tetapi mudah terbaca
4
Tulisan rapih tetapi mudahterbaca
3
Tulisan tidak rapih dan sulitterbaca
2


      Instrument Writing Skill
No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Nilai rata-rata
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Kriteria  5
Kriteria 6

1.








2.










Mengetahui ,

………………..……, Juli 2015
Kepala Sekolah,

Guru Bahasa Inggris,




……………………………

Muhammad Ridha Waliden
NIP.

NIP. 199506232017011015














Tidak ada komentar:

Posting Komentar