Saya itu ...

Foto saya
Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia

Minggu, 23 Oktober 2016

RPP Kurikulum 2013, edisi revisi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           : Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                  : X/1
Materi Pokok                    : Anouncement
Alokasi Waktu                  : 1 x 15 menit

A.    KOMPETENSI DASAR
3.5 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5 Teks pemberitahuan (announcement).
4.5 1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement).
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
3.5 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5 Teks pemberitahuan (announcement).
4.5 1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement).
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.5 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Diakhir pembelajaran siswa mampu:
1.    Siswa mampu memahami makna dari announcement text yang disajikan
2.    Siswa mampu menuliskan announcement text
3.    Siswa mampu menceritakan kembali informasi yang didapatkan dari announcement text yang telah dipelajari secara lisan maupun tulisan

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Teks khusus lisan dan tulis tentang announcement.
1.      Fungsi Sosial
Mengenalkan, mengidentifikasi beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.      Struktur Teks
a.    Who is the announcement for?
b.    What is the announcement about?
c.    Where do you think you will hear that kind of announcement?
d.   Etc.
3.      Unsur Kebahasaan
a.    Nama bangunan umum: school, airport, post office, the bank, the hospital, etc.
b.    Nama tempat
c.    Kata keterangan waktu
d.    Kata Tanya, What is the announcement telling about?” “Who is the announcement for? “Where it usually will be hear?
e.    Kata ganti it, they, this, that, those, these.
f.     Ungkapan attention yang menandakan agar participant mendapatkan inti dari announcement tersebut.
g.    Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, go, prepare, put dan sebagainya.
h.    Ucapan, tekanan kata, intonasi
i.      Ejaan dan tanda baca
j.        Dapat berupa tulisan tangan, media cetak, maupun lisan/suara

E.     METODE PEMBELAJARAN
Scientific Approach, Project Based Learning

F.     MEDIA/ALAT SUMBER BELAJAR
Media                        : Kertas karton, spidol
Alat                           : Laptop, infocus, dan speaker
Sumber Belajar         : Teacher’s creation (giving a text)

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Pendahuluan (2,5 menit)
Kegiatan
Ungkapan
Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa
Assalamu’alaikum wr. wb.
Good morning students. How is everything?
Is it OK?
Let’s start our lesson by saying Basmalah
Guru mengecek kehadiran siswa.
Who is absent today?
Where is ..... ? Any news from her/him?
Guru memberikan motivasi pada siswa

Mengulang materi yang telah dipelajari pada minggu lalu dan dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari

Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.

Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan


b.      Kegiatan Inti (10 menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Observing

 Guru memperdengarkan sebuah audio tentang contoh announcement Airport announcement sound effect.mp3
(Well students, do you know what an announcement is? Anyone can guess?
Now, I am going to play an audio about announcement. Listen carefully!)


Siswa menyimak audio yang diperdengarkan oleh guru.





 1 menit
Questioning

Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk pemahaman terkait informasi dari audio yang diputar.
(What is the announcement telling about? Who is the announcement for? Where it usually will be hear?)

Para siswa memberikan informasi yang mereka dapat dari audio tersebut

1 menit
Guru menanyakan kata-kata sulit yang terdapat dalam audio (terkait vocabulary)
(Do you have any difficult words about the audio last?)
Siswa mencari kata-kata sulit yang tidak mereka ketahui artinya

Exploring

Guru menampilkan sebuah teks announcement melalui infokus.
(Well students, here is another example of announcement. Pay attention! 
Siswa memerhatikan teks yang ditampilkan oleh guru melalui media infokus.
 1 menit
Guru meminta siswa untuk dapat mengidentifikasi apa saja informasi yang terdapat dalam announcement tersebut.
1. What does the announcement inform about?
2. When the events will be held?
3. What the kinds of program will be held?
4. Where the events will be held?
5. Who wrote the announcement?

Siswa mengidentifikasi apa saja informasi yang terdapat dalam announcement tersebut.

 2 menit
Associating

Guru membagi siswa dalam 2 kelompok. Guru memberikan 2 kertas karton dan menyuruh masing-masing kelompok membuat sebuah announcement untuk lawan kelompoknya.
(Ok students. I will divide you into two groups. Here, you should make an announcement text as like as our material now. Please, take this paper!)
Siswa bergabung ke dalam kelompok yang telah dibagi oleh guru.
2 menit
Setiap kelompok diharuskan membaca terlebih dahulu lembaran announcement yang mereka tulis. Setelah itu, mereka memampang announcement tersebut di papan tulis. (Read your text loudly! If you’ve finished read it, please put it on the board!”)


 1 menit
 Masing-masing perwakilan kelompok disuruh maju ke depan kelas untuk menceritakan kembali tentang informasi dari teks announcement yang dibuat oleh lawan kelompok tanpa melihat teks dengan menggunakan bahasa sendiri.
(Well students. Please choose one of your members to come in front of class  and then retell us what informations that have you got from your opponent’s text by using your own word.)


Communicating


Perwakilan siswa dalam kelompok secara bergantian menceritakan kembali informasi yang mereka dapatkan dari teks grup lawan menggunakan bahasa mereka sendiri dalam Bahasa Inggris yang sesuai konteks.
 2 menit


c.       Kegiatan Penutup (2,5 menit)
Kegiatan
Ungkapan
Guru merangkum materi yang telah dipelajari.
“Well students. Today we’ve learned about announcement. We’ve known that it has a main idea and following supporting details”

Guru memberikan pertanyaan seputar pelajaran hari ini untuk melihat pemahaman siswa tentang materi tersebut.
“OK, who can add the other information about our lesson today? Please raise your hand!”
Guru memberikan tugas kepada para siswa untuk membuat contoh yang berkaitan tentang announcement yang terdapat di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka
“Please, look for an example about announcement that can be got in around your place. Write it in your exercise book.”
Guru menyampaikan tentang rencana pembelajaran selanjutnya
“So, for next meeting we’ll study about .....”

Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan salam
“Thanks for today my good students. Before we close our lesson, let’s say hamdalah.
Assalamualaikum wr.wb.
See you...”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar